Rani Anggraini Safitri Bergandeng Tangan dengan Berbagai Elemen Masyarakat Membantu Perkampungan Nelayan

Jakarta, MF – Ketua Sahabat Kartini sekaligus Pendiri Yayasan Sosial Bahira Rani Anggraini Safitri didampingi oleh Istri Wakil Ketua MPR RI Hana Hasanah Fadel Muhammad dan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik, serta Artis Senior Nia Daniati menyerahkan bantuan sembako, masker, hand sanitizer dan masker kepada perwakilan masyarakat di Kampung Muara Baru yang terdampak covid-19, Jumat (8/5/2020).

Meski dalam kondisi negara sedang sulit akibat pandemi Covid-19, mereka tetap bahu-membahu bergandeng tangan demi membantu masyarakat yang terdampak baik secara langsung maupun tidak langsung.

Lebih dari dua bulan lamanya pandemi covid-19 membuat masyarakat Indonesia seperti mengalami mimpi buruk. Dampak sosial dan ekonomi yang ditimbulkan sungguh memprihatinkan. Tak terhitung pula masyarakat yang kehilangan mata pencaharian.

Kondisi inilah yang menggerakkan berbagai elemen masyarakat beramai-ramai turut membantu sesama, tidak terkecuali organisasi SDG’s LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) dan Yayasan Sahabat Kartini, bersama Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Fadel Muhammad dan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik, serta artis senior Nia Daniati.

Bertepatan bulan Ramadan 1441 H, mereka bersilaturahim dengan masyarakat nelayan yang bermukim di atas permukaan air laut, tepatnya di belakang Rusun Muara Baru, Jakarta Utara.

“Kami memberikan bantuan berupa paket sembako kepada masyarakat yang terdampak covid-19. Kita bekerja sama dengan Rani Anggraini Safitri dari Yayasan Sahabat Kartini dan Hana Hasanah dari SDG’s LIRA,” kata Fadel Muhammad.

Seperti diketahui, Sahabat Kartini dan Yayasan Sosial Bahira selama pandemi Covid-19 tak pernah berhenti berkontribusi memberi bantuan berupa paket sembako maupun menu makanan berbuka puasa setiap harinya kepada masyarakat yang membutuhkan.

Rani menyebutkan bahwa kaum perempuan merupakan kelompok yang paling terdampak wabah ini. “Sebagai yayasan yang peduli terhadap perempuan, kami merasa para ibu dimanapun berada sangat merasakan dampak covid-19 ini bagi keluarganya,” papar Rani.

Berangkat dari keprihatinan tersebut, Sahabat Kartini turut ambil bagian untuk meringankan beban yang dirasakan kaum perempuan dan ibu rumah tangga di pemukiman nelayan Muara Baru.

“Saya orangnya enggak tahan melihat orang lain yang sengsara. Bisa dibilang saya punya dendam, Tapi dendam saya, ingin membuat orang lain ikut bahagia,” ungkap Rani.

Dendam yang Rani maksud tumbuh sejak masih remaja saat tinggal di Rumah Susun Klender, Jakarta Timur. Di sana Rani merajut mimpi untuk mengubah keadaan hidupnya dan keadaan orang-orang disekitar yang mengalami kesulitan.

Rani kini mewujudkan mimpinya untuk membantu sesama. Mulai dari mengasuh anak yatim, memberi donasi kepada masyarakat yang kurang beruntung dan masih banyak lagi. “Sekarang harapan saya ingin menularkan ‘virus berbagi’ kepada teman-teman saya agar tergerak membantu sesama,” tandas Rani Anggraini Safitri.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *