Raih Gelar Miss Global Indonesia 2020, Amelia Tambunan Tonjolkan Program Kerja ‘Urban Farming’

Jakarta, MF – Kontes kecantikan Miss Global Indonesia 2020 baru saja usai menyelenggarakan malam puncak grand final di Ciputra Artpreuner, Jakarta Selatan, Minggu Malam (13/9).

Amalia Tambunan, wakil asal Sumatra Utara I dinobatkan sebagai pemenang gelar Miss Global Indonesia 2020.

Tak hanya sukses merebut gelar Miss Global  Indonesia 2020, Amalia Tambunan secara otomatis berhak mewakili Indonesia di kancah dunia lewat ajang Miss Global International 2021.

Kontes kecantikan dunia Miss Global Internasional 2021 yang rencananya bakal diselenggarakan pada tahun depan itu akan menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah.

Amalia Tambunan sukses mengungguli 12 finalis lain dari berbagai daerah. Sementara itu juara runner up 1 diraih oleh Desy Asnawati perwakilan dari Kalimantan Barat, serta Olivia Aten perwakilan dari DKI Jakarta II sebagai runner up dua sekaligus Miss Social Media.

“Senang pastinya dan terharu sekali bisa menang Miss Global Indonesia 2020. Sebelumnya, saya dikabari sebagai finalis itu bulan Agustus lalu. Saya hanya punya persiapan kurang dari satu bulan,” kata Amalia Tambunan, usai penyematan mahkota Miss Global Indonesia 2020.

“Kaget pastinya. Saya punya waktu singkat untuk mempersiapkan banyak hal, termasuk public speaking dan lainnya. Ini akan menambah lagi semangat saya untuk terus belajar. Jadi senang akhirnya bisa menang,” tambah Amalia.

Sementara itu, dr. Teguh Tanuwidjaja, Pembina PT Mahakarya Duta Pesona Indonesia, selaku pemegang lisensi Miss Global Indonesia menyebut Amalia Tambunan berhak menjadi wakil Indonesia di ajang Miss Global Internasional tahun depan.

“Amalia Tambunan adalah Miss Global Indonesia 2020, yang dipilih dari 12 perempuan Indonesia yang luar biasa. Hari ini kita sukses menyelenggarakan satu event kontes kecantikan yang pertama kali dilakukan secara hybrid,” ujar dr. Teguh.

“Tentunya dengan mengedepankan protokol kesehatan yang sangat ketat. Jadi semua yang hadir di sini semuanya melewati proses dengan ketat,” sambung dr. Teguh.

Seperti diketahui, Miss Global Indonesia 2020 digelar secara hybrid dan sebelumnya diadakan seleksi peserta secara virtual, yakni perpaduan antara online dan offline, yang sepenuhnya mematuhi protokol kesehatan.

12 finalis terpilih kemudian menjalani proses karantina yang bertempat di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan.

Meski demikian, proses penilaian terhadap 12 finalis tetap dijalankan oleh tim juri dari kalangan profesional. Mereka adalah dr. Teguh Tanuwidjaja, Ir. Rizki Handayani, Jacky Timurtius, Dewi Fildayanti, Indira Sudiro, dr. Santi Sadikin dan Coreta Louise Kapyos.

Dalam program kerjanya pada kontes ini, Amalia Tambunan mengedepankan ‘urban farming’ yang tengah dikelolanya di kawasan Cibarani, Bandung.

“Kelak urban farming di Cibarani Bandung akan jadi percontohan bagi masyarakat kota yang ingin berkebun,” jelas Amalia.

12 finalis Miss Global Indonesia 2020 tersebut di antaranya Amalia Tambunan (Sumatera Utara 1), Desy Asnawati (Kalimantan Barat 1), Lizzy Audrey (Jawa Barat 1), Mahdika Wijaya (Sumatera Utara 2), Monica Florence (Jawa Barat 2), Nurmalasari (DKI Jakarta 1), Dyah Ayudya (Jawa Timur), Oktavia Efendi (Jawa Barat 3), Olivia Aten (DKI Jakarta 2), Shania (D.I. Yogyakarta), Indah Rahmadani (Kalimantan Barat 2), dan Amel Barack (Kalimantan Timur).

Saat grand final, sebelum ditetapkan menjadi Top 3, terlebih dahulu dipilih Top 6, yang ditempati oleh Amalia Tambunan (Sumatera Utara 1), Desy Asnawati (Kalimantan Barat 1), Olivia Aten (DKI Jakarta 2), Shania (D.I. Yogyakarta), dan Amel Barack (Kalimantan Timur).

Kemudian selain memilih juara 1, 2 dan 3, dipilih juga predikat khusus, yakni Best Performance yang diraih oleh Lizzy Audrey (Jawa Barat 1), serta Miss Inteligencia yang diraih oleh Monica Florence (Jawa Barat 2).

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *