Wirda Mansur Terjun Langsung Beri Bantuan ke Lokasi Terdampak Banjir Semanan, Jakarta Barat

Jakarta, MF – Pemeran film The Santri, Wirda Mansur bersama sang bunda, Hj. Siti Maemunah mendatangi rumah warga korban banjir dan membagikan peralatan tidur, serta membantu menghibur anak-anak dalam giat “Bakti Sosial dan Pemulihan Trauma” di kawasan pemukiman RT 01/02, RW 01, Kelurahan Semanan, Jakarta Barat.

Pemukiman yang dihuni sekitar 280 kepala keluarga itu masih tampak memprihatinkan, pasca terendam banjir hingga 3 meter pada malam tahun baru 2020 lalu.

“Air baru surut sepenuhnya pada hari ke 8. Kami mulai bisa berbenah sejak 4 hari silam,” kata Ramidi, ketua RT yang ditemui di Kampung Duri Semanan, Jakarta Barat, Rabu (15/1/2020).

Wirda Mansur yang juga ditemani sang adik, Qumii Rahmatul Qulmul mendatangi setiap rumah dan membagikan seperangkat perlengkapan tidur. Sebelumnya, Wirda dan Qumii juga mengajak anak-anak bermain dan membagikan Al-Quran di rumah Pengajian Nuruh Hikmah.

Menurut putri dari ustaz kondang Yusuf Mansur itu, kehadirannya bersama ibu dan adiknya hanya untuk menambahkan bantuan yang sebelumnya sudah diterima warga dari para donatur.

“Kami sekeluarga ada mama dan adik juga mau bagikan alat-alat perlengkapan buat tidur, bantal, karpet. Kami juga bawa alat-alat tulis dan Al Quran juga,” kata pemeran film Cahaya Cinta Pesantren itu.

Bencana banjir yang melanda sejumlah titik di Jakarta dan sekitarnya, menggugah nurani Wirda untuk terjun langsung ke lokasi, untuk meninjau dan memberikan bantuan kepada korban banjir di kawasan tersebut.

“Alhamdulillah kondisi warga sudah berangsur membaik. Enggak bisa saya bayangkan, rumah mereka tergenang banjir sampai ketinggian 3 meter lebih. Alhamdulillah, mereka bisa melaluinya dengan baik,” ujar Wirda.

Di bekas lokasi banjir, Wirda bersama dengan Yayasan Darul Al Quran (Daqu) juga memberikan trauma healing bagi anak-anak korban banjir.

“Dari kecil aku lumayan aktif di beberapa seminar terutama untuk anak-anak. Tadi sempat juga aku ngajarin mereka, sekalian bilang kepada mereka agar memiliki mimpi besar dan jangan pernah menyerah untuk meraihnya,” papar dia.

Sementara itu, Siti Maemunah mengatakan, aksi sosial yang mereka lakukan juga untuk mengajarkan anak-anaknya untuk ikut merasakan duka yang dirasakan para korban dan belajar bersyukur. “Sekalian mengajarkan anak-anak memiliki rasa prihatin, bukan hanya senang-senang,” kata Siti Maemunah.

“Musibah ini juga memberikan hikmah untuk menumbuhkan rasa bersyukur. Dan kita datang kesini juga ingin menumbuhkan rasa bersyukur sejak dini,” pungkas Wirda Mansur.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *