Widi Mulia Apresiasi Ajang FinExpo & Sundown Run 2019 dalam Mengeksplorasi Bakat Anak

Jakarta, MF – Kegiatan FinExpo & Sundown Run 2019 yang merupakan puncak Bulan Inklusi Keuangan, tidak hanya mencanangkan Sinergi Aksi Indonesia Menabung, kegiatan yang berlangsung di Mal Kota Kasablanka, Jakarta ini juga menggelar berbagai kegiatan menarik seperti pameran produk dan jasa keuangan (booth exhibition), talkshow perencanaan keuangan, serta berbagai perlombaan seperti Journalist Writing Competition, Fin Idol Cilik, dan Vlog Competition, yang diikuti oleh LJK dan masyarakat umum.

Selain itu juga dilaksanakan Sundown Run di area Epicentrum yang diikuti oleh masyarakat umum, pegawai LJK dan para penggemar olahraga lari. Kegiatan ini dihadiri oleh para Anggota Dewan Komisioner OJK, Anggota Dewan Komisioner LPS, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, para Pimpinan LJK dan instansi terkait lainnya.

Tampak penyanyi bertubuh mungil Widi Mulya dari kelompok vocal AB3 hadir dalam gelaran yang berlangsung selama empat hari, sejak Kamis (17/10) hingga Minggu (20/10). Ibu dari tiga anak itu berpartisipasi sebagai salah satu juri dalam ajang Fin Idol Cilik, ajang lomba mengadu bakat menyanyi bagi 12 finalis, untuk kategori usia 8 hingga 13 tahun.

Menurut Widi, cara orang tua berkomunikasi dan mengapresiasi bakat anak, sudah merupakan investasi luar biasa besar yang tidak bisa diukur dengan uang. “FinExpo juga peduli sama bakat anak, yang kita perlu support bersama,” jelas Widi usai melakukan penjurian pada Fin Idol Cilik di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (19/10/2019).

“Orang tua jarang menyadari bahwa anak-anak perlu ruang bersama untuk bisa menunjukkan kebolehannya. Kita orang dewasa selayaknya bisa menjaga etika untuk tidak mengecilkan bakat, yang bisa menciutkan semangat berkompetisi mereka,” lanjut Widi.

Istri aktor tampan Dwi Sasono itu sangat mengapresiasi acara yang digelar oleh FinExpo & Sundown Run 2019 itu. “Dengan berani tampil di atas panggung dan menunjukkan bakatnya, buat saya itu investasi terbaik dari orang tua buat anak-anaknya,” pungkas Widi.

Acara puncak Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2019 melalui ajang FinExpo & Sundown Run 2019 sendiri dipersembahkan oleh Lembaga Jasa Keuangan (LJK) yang didukung penuh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Mengambil tema “Sinergi Aksi dalam Mewujudkan Inklusi Keuangan untuk Semua dan Perlindungan Konsumen yang Optimal” serta tagline “Gapai Puncak Inklusi, Perlindungan Makin Pasti”, kegiatan ini juga melibatkan seluruh sektor industri jasa keuangan, baik perbankan, pasar modal, perasuransian, dana pensiun, pergadaian, lembaga pembiayaan dan fintech.

Kegiatan FinExpo & Sundown Run 2019 merupakan bentuk komitmen dan dukungan dari seluruh stakeholders untuk meningkatkan inklusi keuangan dengan memantapkan kepercayaan konsumen terhadap produk dan layanan jasa keuangan.

“Kegiatan BIK diharapkan mampu mendorong keterbukaan akses keuangan bagi masyarakat. Masyarakat secara terbuka dapat memperoleh informasi terkait produk dan layanan keuangan, serta memanfaatkan produk keuangan yang dibutuhkan,” ujar anggota Dewan Komisioner OJK, Tirta Segara.

Dalam kegiatan ini dilakukan pula pencanangan “Sinergi Aksi Indonesia Menabung” sebagai salah satu implementasi dari diterbitkannya Keputusan Presiden (Keppres) No 26 Tahun 2019 tentang Hari Indonesia Menabung yang diperingati setiap tanggal 20 Agustus. Sinergi aksi ini melibatkan OJK, BI, LPS dan LJK dalam meningkatkan awareness masyarakat tentang pentingnya menabung untuk investasi, perlindungan dan masa depan.

OJK dan BI selaku regulator juga terus mendorong penguatan perlindungan konsumen sektor keuangan. Konsumen sektor keuangan diharapkan memiliki literasi keuangan yang baik dalam memanfaatkan berbagai produk dan layanan keuangan yang tersedia, jangan sampai terjerumus pada investasi yang tidak jelas atau ilegal.

Kegiatan Bulan Inklusi Keuangan akan menjadi agenda nasional dan dilakukan secara berkesinambungan setiap tahunnya di seluruh wilayah Indonesia. Melalui kegiatan ini diharapkan akan memberikan dampak yang positif khususnya dalam pemenuhan dan perluasan akses keuangan bagi masyarakat serta pencapaian tingkat inklusi keuangan di Indonesia.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *