Peringati Hari Sumpah Pemuda, Pusbangfilm Gelar Karya Film Pelajar (GKFP) ke-3

Jakarta, MF – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) kembali menyelenggarakan Gelar Karya Film Pelajar (GKFP) dengan mengangkat tema “Semangat Kebhinekaan Generasi Milenial”.

GKFP ditujukan untuk siswa/i SMA/SMK/Sederajat, memiliki dua kategori film pendek yakni film pendek dokumenter dan fllm pendek flksi. GKFP 2019 mengajak generasi milenial untuk ikut memeriahkan Hari Sumpah Pemuda dengan menjunjung tinggi keberagaman dan rasa cinta tanah air melalui kegitan pembuatan film.

Menurut Direktur GKFP 2019, aktor Reza Rahadian mengatakan bahwa acara tersebut digelar untuk meningkatkan kreatifitas pelajar Indonesia. “Buat saya ini lebih punya arti ke mereka jadi pelajar, pelajar ini yang kreatifitasnya juga luar biasa. Mereka setidaknya punya rasa kebanggaan tersendiri di sumpah pemuda,” ujar Reza di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2019).

Bertepatan dengan bulan lahirnya Hari Sumpah Pemuda, Reza berharap nantinya para pelajar yang mewakili sekolahnya dapat memiliki rasa bangga dari sebuah karya yang sudah dibuatnya. “Jadi mereka setidaknya punya kebanggaan, di sumpah pemuda, ‘oh saya bikin karya tentang kebhinekaan di generasi saya’ itu kan buat saya sesuatu yang sangat ngebanggain,” papar Reza.

Peserta yang mendaftar sebanyak 217 sekolah terdiri dari 175 film pendek fiksi dan 36 film pendek dokumenter. Sedang yang lolos seleksi administrasi sebanyak 126 sekolah, terdiri dari 92 film pendek fiksi dan 34 film pendek dokumenter.

Hasil seleksi tim ahli dan menghasilkan 28 film pendek fiksi dan 22 film pendek dokumenter. Kemudian diseleksi kembali oleh tim juri sehingga menghasilkan nominasi 15 film pendek fiksi dan 15 film pendek dokumenter.

Nantinya pada tanggal 28 Oktober mendatang para peserta akan di undang ke Epicentrum, Jakarta untuk mengadiri nominasi pengumuman para pemenang.

Kategori film yang akan melewati penjurian, mulai dari film pendek fiksi terpilih, film pendek dokumenter terpilih, penyutradaraan film pendek fiksi terpilih, penyutradaraan pendek dokumenter terpilih, karya penulisan skenario film pendek fiksi terpilih, karya penulisan skenario film pendek fiksi terpilih dan karya film pilihan Juri.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *