Natasha Ratulangi Kembangkan Bisnis Eceng Gondok Sampai ke Pelosok Desa

Jakarta, MF.COM – Pemain Peran Natasha Ratulangi sedang disibukkan dengan bisnis barunya. Natasha mengaku sedang menjalankan bisnis kerajinan tangan dengan bahan dasar tanaman eceng gondok.

Bukan tanpa alasan Natasha memilih bisnis kerajinan tangan berbahan dasar eceng gondok ini, artis berdarah Menado-Belanda ini ternyata memiliki misi mulia yang patut diacungi jempol.

“Sebenernya fokus aku di pemberdayaan masyarakat kecil, sehingga masyarakat di desa tinggal ngambil di kali, memanfaatkan terus dapat uang,” kata perempuan yang akrab disapa Caca ini saat merayakan ulang tahunnya yang ke 24 di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, Sabtu (24/32018).

Natasha memang memprioritaskan bisnisnya ini untuk membantu para kaum perempuan dan lansia di desa agar memiliki tambahan penghasilan. Bahkan hasil penjualan produknya yang diberi merk ‘La Jacinthe’ tersebut sebagian disihkan untuk menggelar pelatihan bagi warga Desa khususnya kaum perempuan dan lansia.

“La Jacinthe ini bahasa Perancis karena kalau cewek itu seneng ke Paris-Parisan. La Jacinthe ini artinya eceng gondok. Penjualan sudah sampai ke Perancis, Belanda, Jepang,” papar Caca.

“Inti utama dari program La Jacinthe ini charity-nya, setiap hasil dari penjualan produknya ini aku sisihkan untuk ngadain pelatihan-pelatihan lagi, supaya nanti mereka bisa berdikari,” sambung Natasha.

Natasha mengaku bahwa bisnis kerajinan tangan berbahan eceng gondok-nya ini berawal dari ibunya yang telah mendapatkan penghargaan Kalpataru dari Presiden Republik Indonesia. “Eceng gondok ini gulma masalah besar untuk Indonesia yang susah diatasi karena pertumbuhannya gila. Mama aku mendapat penghargaan dari Presiden karena mampu menanggulangi ini menjadi suatu hal yang bermanfaat,” ungkapnya.

Setelah 8 tahun memulai pemberdayaan eceng gondok, kini Natasha telah memiliki ratusan pengrajin dari berbagai daerah. Tak jarang dara cantik kelahiran 24 tahun silam ini terjun langsung ke lapangan bertemu dengan para pengrajin dari di berbagai pelosok.

“Semuanya kalau kita lakuin dengan senang, legowo itu pasti enak, klo sekedar bisnis itu bukan poin aku, poin aku terjun langsung, aku menyelami, mereka bahagia ada aku, karena disini aku bukan cari untung yang besar tapi ingin mewadahi agar mereka punya penghasilan,” pungkasnya. (Jeh)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *