Bentuk Grup Musik The Sulthan Gambus, Ustaz Solmed Ingin Berdakwah Lewat Lagu

Jakarta, MF – Satu lagi grup musik gambus hadir meramaikan belantika musik Indonesia. Setelah kehadiran Sabyan Gambus yang mampu mendulang kesuksesan, kini muncul grup musik The Sulthan Gambus yang digagas oleh Sholeh Mahmoed Nasution atau yang akrab disapa Ustaz Solmed.

Meski baru saja terbentuk, The Sulthan Gambus sudah siap merilis single perdananya bertajuk Kembali Fitri. Produser sekaligus penulis lagu, Ustaz Solmed mengaku single tersebut sengaja dibuat untuk menyambut hari raya Idul Fitri 1440 H.

“Hari ini The Sulthan Gambus mengeluarkan original song perdana berjudul Kembali Fitri. Ceritanya tentang maaf-memaafkan saling meridhoi akhirnya kita tuangkan ke lagu,” jelas Ustaz Solmed saat ditemui di kediamannya di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (28/5/2019).

Lagu Kembali Fitri, diakui Solmed sengaja dirilis mendekati momen lebaran karena sesuai dengan judulnya. Saat menulis lagu, ia terinspirasi dari pengalaman pribadi dan juga mengambil dari hadist serta ungkapan-ungkapan ulama. “Alhamdulillah saya tulis sendiri lagunya. Sudah ada empat lagu yang saya tulis, inspirasinya dari pengalaman pribadi sehari-hari,” paparnya.

Mengambil genre musik gambus melayu, Ustaz Solmed ingin berdakwah melalui lagu. Nantinya, The Sulthan Gambus pun akan membawakan lagu-lagu bernuansa Islami yang merupakan karya sendiri. “Saya suka menulis beberapa bait syair yang saya ambil dari hadis dan Alquran atau ungkapan ulama, lalu saya sesuaikan agar bisa diubah jadi lagu,” tandas Solmed.

Grup musik The Sulthan Gambus beranggotakan lima orang, yakni Nurmaliya alias Lia (vokalis), Mujahidin (keyboard), Gunawan (gitaris), Abdul Aziz (drummer), dan Rahman (biola). (Jeh)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *